Ini Kandungan Gizi Sate Lilit Bali

Anda pasti kenal Bali, kan? Nah bagi penggemar kuliner halal sudah tentu penah mencicipi nikmatnya nasi bali atau nasi bali ayam betutu. Salah satu lauk favorit-nya adalah sate lilit. Ya sate lilit salah satu komponen dalam nasi bali ayam betutu menjadi ikon pilihan kuliner Indonesia.
Sate lilit merupakan kuliner warisan tradisi Bali. Sate lilit yang secara terbatas juga dapat dijumpai di Lombok. Hal ini dimungkinkan mengingat pengaruh pada masa kejayaan kerajaan Karangasem, Bali yang pernah berkuasa di sebagian wilayah Pulau Lombok.
Lalu apa saja bahan dari sate lilit ini? Sate lilit dibuat dari sumber protein seperti ayam dan ikan yang dicincang halus, dicampur bumbu-bumbu tradisional. Adonan yang telah dibumbui tersebut kemudian dikepalkan pada sebatang luluh atau tusuk sate tetapi tidak runcing dan lebih tebal. Selain tusuk sate dari bambu sebagaimana sate pada umumnya, biasanya luluh juga diganti dengan batang serai sehingga menambah kesan modern-tradisional.
Lalu, seperti apa kandungan gizi pada sate lilit? Ini dia kandungan per 100 gram sate lilit.
Zat Gizi                                 Nilai Gizi                               Nilai Gizi per Porsi
Lemak                                   18 g                                        3 g
Protein                                  19 g                                        3 g
Karbohidrat                           3 g                                        0 g
Kalori                                  250 kkal                               45 kkal
Nah, tentu saja sangat layak dicicipi apalagi untuk acara-acara istimewa bersama keluarga atau rekan kerja di kantor.
Kedai Kayumanis sebagai salah satu penggiat kuliner masakan nusantara di Jakarta, menyajikan nasi bali ayam betutu yang tentu saja salah satu isinya adalah sate lilit tersebut. Nasi Bali Ayam Betutu ini disajikan dalam kotak atau untuk menu nasi kotak / nasi box Kedai Kayumanis. Jadi bisa order H-1. Caranya gampang, tinggal WA saja tim Sales lalu order sesuai pesanan dengan minimal order 20 box.
Tap perlu repot ke Bali, kan. Cukup rasakan nikmat sajian kuliner khas pulau Dewata di Jakarta saja.
Yuk order…

Komentar